Diagnosa Sindrom Kaki Gelisah

Diagnosa Sindrom Kaki Gelisah

Diagnosa Sindrom Kaki Gelisah

Diagnosa Sindrom Kaki Gelisah Berbahaya ? HelloFormHony – Pernah kah anda mengalami kaki goyang tanpa anda sadari karena terasa gatal atau seperti kesetrum? Atau mungkin kamu merasa seolah² ada yang berjalan dibagian bawah kulit sekitar kaki & betis saat tidur malam hari?

Jika demikian, maka anda harus berhati-hati. Karena, itu bisa menjadi diagnosa dari Restless Legs Syndrome atau lebih dikenal sebagai Sindrom Kaki Gelisah.

Diagnosa Sindrom Kaki Gelisah Yang Harus Anda Ketahui

Diagnosa Sindrom kaki gelisah merupakan salah satu penyakit saraf yang didiagnosa dengan sensasi tidak menyenangkan. Pada kaki dan menimbulkan dorongan kuat untuk menggerakan bagian kaki. Biasanya, orang yang menderita sindrom ini akan mengurangi kualitas tidurnya.

Perasaan tidak menyenangkan yang dimaksud berupa rasa geli, kesemutan, gatal, bahkan kram. Hal ini tidak hanya dirasakan di bagian kaki saja, namun juga dapat merambat ke bagian betis, paha bahkan lengan.

Sindrom kaki gelisah ini pun juga sering dikaitkan dengan gerakan kaki dan lengan yang tidak sengaja, yang bahkan dikenal sebagai gerakan tungkai periodik. Banyak orang yang menderita sindrom ini sesekali, Sementara sebagian lain dapat mengalaminya setiap hari.

Gejala ini pun bervariasi dari yang ringan hingga berat. Dalam beberapa kasus berat, kondisi seperti ini dapat menyusahkan dan pastinya sangat mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Penyebab yang terjadi akibat Sindrom Kaki Gelisah

Pada sebagian kasus berat, tidak ada penyebab yang pasti dari sindrom ini. Beberapa ahli saraf percaya. Gejala sindrom ini bisa jadi ada hubungannya dengan cara tubuh menangani senyawa kimia yang disebut dengan dopamin.

Dopamin sendiri dapat mengendalikan gerakan otot dan bertanggung jawab atas gerakan pada kaki yang tidak disengaja. Terkait pada diagnosa sindrom kaki gelisah ini. Pada beberapa kasus berat lainnya, sindrom ini disebabkan karena maslaah kesehatan seperti anemia defisiensi dari zat besi.

Lebih parah lagi, sindrom kaki gelisah ini pun bisa jadi salah satu diagnosa dari penyakit yang lebih serius yaitu gagal ginjal. Hal ini juga sering disebut dengan nama lain Sindrom Kaki Gelisah Sekunder.

Sindrom Kaki Gelisah Dapat Diobati

Kasus ringan seperti sindrom kaki gelisah ini tidak terkain dengan gangguan kesehatan. Tidak perlu perawatan khusus untuk dapat disembuhkan dengan merubah pola hidup.

Perubahan pola hidup yang dapat mengatasi sindrom kaki gelisah ini sebagai berikut :

• Mengatur waktu tidur yang teratur, serta menghindari asupan alkohol dan kafein pada larut malam.
• Berhenti menghisap rokok
• Melakukan olahraga yang teratur

Jika gejala yang terjadi semakin parah, maka anda harus memerlukan obat untuk mengatur kadar dari dopamin dan zat besi dalam tubuh.

Kesimpulan Yang Bisa Anda Dapatkan

Gejala pada sindrom ini biasanya akan hilang jika masalah utama yang mendalangi nya dapat diatasi. Akan tetapi penyebab dari sindrom ini sendiri pun tidak diketahui secara pasti. Gejala terkadang dapat memburuk seiring waktu berjalan dan pastinya mempengaruhi kehidupan kita.

Meskipun tidak membahayakan jiwa. Sindrom ini dapat mengganggu tidur anda, serta memicu kecemasan berlebih terhadap anda jika tidak ditangani. Akan tetapi anda semua tidak perlu takut, karena anda semua bisa mengobati hal ini dengan sangat mudah.