Sambal Terasi Karya Kakek

Sambal Terasi Karya Kakek

Sambal Terasi Karya Kakek HelloFromHony – Hallo guys, sesuai janji kita diartikel sebelumnya, hari ini kita akan membahas tentang sambal. Sambal merupakan salah satu hal kesukaan dari masyarakat Indonesia, yang mana makanan apa bila tidak ada sambalnya maka tidak akan terasa nikmat. Namun banyak dari masyarakat yang tidak tahu cara untuk membuat sambal. Kesalahan saat memasak sambal juga kadang banyak yang tidak diketahui sehingga membuat rasa sambal tidak enak.

Hari ini sesuai janji kita akan memberitahu kalian cara membuat sambal terasi yang pastinya akan membuat kalian merasa nikmat. Namun sebelum mulai membahas cara membuat sambal terasi, disini kita akan bahas sedikit tentang terasi itu sendiri. Terasi sendiri merupakan bahan masakan asal Bangka, dan juga bahan pembuatan terasi sendiri adalah udang.

Sambal terasi sendiri bisa kalian buat dengan sangat mudah, dan pastinya akan sangat enak ketika kalian menikmati resep sambal terasi karya kakek ini. Baiklah langsung saja kita masuk kedalam list bahan-bahan pembuatan nya.

Bahan-Bahan Pembuatan Sambal Terasi Karya Kakek

Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan sambal terasi ini sendiri pun tidak ribet, dan pastinya bisa kalian dapatkan dengan mudah. Untuk bahan-bahannya adalah sebagai berikut, seperti :

  1. Bawang Putih 5 Butir
  2. Bawang Merah 4 Butir
  3. Tomat 1 1/2 Butir
  4. Terasi 1 1/2 Butir
  5. Cabai Rawit 1,5 Ons
  6. Penyedap Rasa

Nah beberapa bahan-bahan tersebut pastinya bisa kalian olah sekarang dengan cara yang mudah dan pastinya bisa buat kalian nikmat saat memakannya. Sambal ini sendiri pun pastinya akan memberikan perpaduan antara rasa pedas, asin, dan gurih yang sangat nikmat.

Proses Pembuatan Sambal Terasi Nikmat Karya Kakek

Baiklah sebaiknya kita langsung saja bahas ke proses pembuatannya ya, proses simple itu pertama-tama adalah sebagai berikut :

  • Pertama yang harus kalian lakukan adalah bakar terasi di api sedang dengan waktu yang singkat.
  • Kedua setelah terasi sudah di siapkan, bisa disimpan terlebih dahulu untuk melakukan proses penggorengan.
  • Kali ini kita akan menggoreng atau tumis cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat secara bersamaan hingga sedikit matang.
  • Setelah selesai penggorengan, tiris semua bahan yang sudah di goreng tersebut.
  • Setelah itu taruh semua bahan yang telah di tumis ke dalam cobekan beserta terasi yang telah dibakar.
  • Ulek semua bahan menjadi 1, setelah itu tambahkan penyedap rasa / garam hingga rasa pedasnya pass.
  • Bila anda tidak terlalu suka dengan rasa pedas, anda juga bisa tambahkan kecap manis atau gula secukupnya.